Alumni Ubsi Tegal Sukses Jalankan Usaha Di Masa Pandemi

Es krim Baskin Robbins bisa dibawa sedekat mungkin oleh konsumen, termasuk di tengah keakraban dalam kebersamaan keluarga di rumah. Sebuah penelitian menyebutkan suami istri yang rajin berhubungan intim atau bercinta bisa meningkatkan daya tahan tubuh alias imunitas. Setiap mannequin tangga memiliki ciri khas tersendiri, itu semua disesuaikan dengan desain bangunan rumahmu.

Bila Anda pebisnis pemula, Anda bisa coba memilih bisnis waralaba karena salah satu manfaat dari memiliki waralaba adalah dukungan bisnis yang sudah jadi dan siap pakai. Anda bisa memiliki bisnis dengan sistem yang matang dalam waktu singkat, ketimbang harus membuatnya dari awal. Bisnis waralaba juga dapat mengurangi risiko kerugian karena ada mentor bisnis yang akan membantu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi. Anda juga tidak perlu lagi khawatir dalam memasarkan merek karena pemilik waralaba akan membantu Anda dalam kegiatan pemasaran/branding. Atau, Anda bisa memilih bisnis waralaba dengan brand yang sudah banyak dikenal orang sehingga produk yang Anda jual mudah laku. Bagi pebisnis pemula atau profesional, bisnis tentunya tetap harus berjalan dengan efektif agar bisa bertahan, apalagi masa social distancing ini bisa menjadi kesempatan untuk mengoptimalkan strategi bisnis.

Kesempatan ini bisa Pins manfaatkan untuk melaksanakan ide bisnis rumahan seperti menjual minuman sehat. Pins hanya perlu melakukan riset untuk mengetahui jenis minuman sehat apa yang disukai oleh target konsumen Pins. Nah, hal ini bisa dimanfaatkan oleh Anda sebagai pelaku bisnis untuk menjalankan bisnis rumahan minuman misalnya saja bubble tea, jus, kopi dan sebagainya. Ini merupakan salah satu bisnis yg menjanjikan di tengah pandemi karena bakalan laris manis. Hampir semua bisnis masa pandemi mengandalkan media sosial untuk menarik konsumen, dan salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan media sosial adalah konten.

Terlebih lagi, sekitar 64% UMKM yang terdaftar di Indonesia dikelola oleh perempuan. Dikutip dari LifeSkills, pandemi ini menginspirasi para wanita di Inggris untuk memulai usaha yang bisa dijalankan di rumah. Sebanyak 51% responden mengaku bahwa pandemi ini memotivasi mereka untuk memulai bisnis mereka sendiri. Melihat hal tersebut, bisnis yang bergerak di bidang minuman kekinian pun memberikan peluang. Bukan cuma itu, kita juga bisa menjual makanan sehat yang langsung dapat diorder per orangan. Kata Dian, modal awal yang dikeluarkannya hanya Rp200 ribu, Bunda.

Mencoba bisnis dimasa pandemi

Target konsumen ini sangat luas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Peluang mereka untuk repeat order juga sangat tinggi, asalkan Anda bisa menyediakan produk yang variatif, menjaga kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kecepatan pengiriman. Minuman seperti kopi atau susu merupakan beberapa contoh minuman yang banyak digemari oleh masyarakat luas untuk menjadi teman bersantai dan menikmati camilan. Tak ayal, banyak pula orang yang menjadikan kedua minuman tersebut sebagai bisnis kulinernya.

Bagi sebagian orang yang sibuk di kantor atau tidak mempunyai lahan untuk menjemur pakaian, kehadiran jasa laundry merupakan anugerah. Oleh sebab itulah, bisnis ini dapat dilirik sebagai usaha kecil-kecilan dengan modal cukup ramah di kantong. Di masa pandemi seperti ini, kita diharuskan untuk berdiam diri di rumah supaya dapat membantu memutus rantai penyebaran COVID-19. Hal ini mungkin dianggap sulit oleh orang-orang yang kehilangan pekerjaan dan tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari- harinya.

Dengan demikian, kamu memiliki data yang memadai untuk mengambil kebijakan terkait keuangan perusahaan, keputusan terkait strategi pemasaran, serta jumlah inventori. Padahal, hampir semua pemilik bisnis mengerti, esensi dari mempertahankan bisnis adalah mempertahankan pelanggan dan menciptakan penjualan. Tidak mudah memang untuk membuat konsumen atau pelanggan tetap setia pada bisnismu di tengah situasi sulit ini. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan sebagai pemilik bisnis agar tetap mampu bertahan di tengah pandemi ini.

Penjual asal Lampung ini memilih jenis cupang koi multicolor untuk dia tawarkan melalui media sosial. Di saat genting seperti ini Pins harus pintar dalam menentukan ide bisnis rumahan seperti apa yang harus dilakukan. Hal ini berkaitan dengan jumlah demand masyarakat di sekitar kita.

Kamu juga bisa mencoba untuk pakai market sebagai tempat berjualan alternatif. Banyaknya pilihan market yang ada juga bisa menjadi opsimu untuk memasarkan produk lewat on-line. Hal tersebut tentunya jauh lebih baik dibandingkan tetap memaksa buka toko secara offline. Selain sedikit kemungkinan pelanggan yang datang, membuka toko offline dapat membahayakan berbagai pihak di masa pandemi.

Memang, untung yang kamu dapatkan dari berjualan satu paket knowledge tidak bisa dikatakan besar, tapi jika kamu akumulasikan dengan jumlah konsumen yang ada setiap harinya maka jumlahnya akan sangat lumayan. Pastikan masker buatan kamu telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Pemerintah. Bahkan, hal ini sempat menyebabkan masker medis menjadi barang yang sangat mahal dan juga langka. “Kunci utamanya manajemen waktu dan kecepatan respons waktu pesanan masuk. Semuanya dilakukan sendiri, mulai dari posting foto, belanja barang, menyiapkan barang, packing, hingga bikin laporan keuangan sederhana,” ungkapnya penuh antusias.

Apik