Bisnis Rumahan Yang Tetap Kokoh Di Tengah Pandemi Covid

Radiva sangat menjaga kualitas produk Bakerboss, salah satunya melalui kemasan yang menarik dan dilapisi oleh plastic wrap agar keamanan produk dapat lebih terjaga. Kepada MNEWS Radiva menjelaskan jika bahan baku yang digunakan dalam mengolah produk Bakerboss diambil dari kenalan provider lokal. Karena mendapatkan bahan baku produk dari supplier lokal yang telah dikenal, Ia dapat menjual produknya dengan harga yang lebih terjangkau. Banyak orang yang memanfaatkan peluang di masa kebijakan physical distancing dan Work From Home dengan memulai usaha pastry dan bakery rumahan. Seperti yang dilakukan oleh Radiva Alfathan , remaja SMA di Jakarta yang memanfaatkan peluang tersebut dengan membangun usaha bernama Bakerboss.

Serupa dengan developer, para desainer grafis juga dapat menghasilkan uang melalui produk digital. Namun, mengingat pandemi masih berlangsung, Anda juga bisa memilih untuk melakukan jasa ini online. Beberapa orang bahkan berhasil menggapai Rp20 Juta per bulan dari usaha rumahan yang bahkan sebenarnya bisa menjadi sampingan juga. Bila kebetulan Anda bergelut di bidang teknik informatika, maka tidak ragu lagi usaha rumahan yang satu ini cocok untuk Anda.

Yup, hanya modal ratusan ribu, Anda sudah bisa membuka usaha kecil-kecilan. Cara yang terakhir untuk memulai bisnis online di masa pandemi adalah dengan memberikan diskon kepada pelanggan. Anda bisa memberikan diskon berupa potongan harga, beli 2 free of charge 1, atau diskon berupa free of charge ongkir. Hal ini tentu bisa menarik minat pembeli dan membuat pembeli semakin menginginkan produk Anda. Sama halnya dengan bisnis obat natural, peluang bisnis industri farmasi di tengah pandemi corona yang masih terjadi ini, justru dianggap cukup menjanjikan. Terakhir Mas Bayu juga berbagi strategi bisnis online yang akan menguntungkan perusahaan.

Kendati demikian, dia tak menampik bahwa pandemi COVID-19 membawa dampak besar bagi bisnis yang dijalaninya. Haykal kehilangan eighty persen pemasukan dari bisnis clothes yang digeluti akibat rekanan dari sejumlah departement retailer membatalkan pesanan untuk produknya. Sosok inspiratif lainnya yang bisa dicontoh saat memulai bisnis maupun investasi adalah Haykal Kamil yang menjalani hal baru di luar industri hiburan dalam beberapa tahun belakangan.

“Ceu Dewi sampai dijuluki pengusaha ‘micin’. Karena jualan Ceu Dewi cemilan, kerupuk-kerupuk, macam-macam ‘ciki’, yang susah didapat di Jerman ataupun Belanda,” ujarnya tertawa. Di dalam racikan degan bakar, ia menambahkan “Beberapa rempah-rempahan alami seperti jahe, alang-alang, kayu manis dan temulawak saya racik, dan dicampur atau dimasukkan kedalam air kelapa muda bakar. Ternyata memiliki khasiat untuk menambah daya tahan tubuh,” papar Mursalin.

Saat ini perilaku belanja masyarakat semakin mengarah pada layanan on-line atau daring untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi transaksi secara langsung. Melansir dari situs berita Tirto, hasil riset Kantar pada bulan Februari 2020 menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belanja on-line sebesar 32%. Peningkatan ini terjadi karena masyarakat ingin membatasi kontak fisik dengan orang lain demi mencegah penularan dan penyebaran virus corona. Akhirnya pasutri ini memutuskan membuka usaha kuliner untuk menyambung hidup di masa pandemi.

Sebaliknya, apabila Anda memang sudah terkena pemutusan hubungan kerja atau dirumahkansampai batas yang belum pasti, Anda memiliki keleluasaan waktu untuk menjalankan usaha baru secara lebih fokus. Namun, karena usaha baru ini menjadi tumpuan baru pendapatan sedang penghasilan rutin Anda tengah terpukul, pastikan Anda bijak menggunakan modal kerja sembari tetap serius menjalankannya. Mewabahnya virus covid 19 membuat banyak orang merasa was-was dengan kondisi kesehatan mereka.

Mencoba bisnis dimasa pandemi

Sekadar membaca buku dan mengikuti seminar online tentang bisnis sudah cukup membantu. Kamu bisa menjual kopi kekinian kemasan literan seperti yang kini tengah banyak dipesan orang. Untuk membuat kopi kekinian yang nikmat kamu juga bisa belajar dari berbagai sumber salah satunya, YouTube. Kamu bisa membuka katering makanan sehat dan memasak sesuai pesanan. Dengan cara begitu, kamu tidak memerlukan banyak modal dan tidak perlu takut rugi karena makanan tak laku terjual.

Ide bisnis baru tidak hanya membantu Anda mendapatkan penghasilan, tetapi juga memotivasi Anda untuk berharap dan berjuang untuk sukses dalam situasi apa pun. Maka dari itu, sebaiknya Anda juga bisa menyesuaikan bisnis atau mencoba peluang bisnis baru yang lebih sesuai dengan adaptasi situasi sekarang ini. Desain grafis adalah komoditas yang banyak dicari dan digunakan untuk bisnis apa pun. Sebagian besar perusahaan ingin menonjol dengan grafik mereka, tetapi tidak memiliki kemampuan inner untuk melakukannya. Baik itu emblem, grafik acara, atau materi profesional, perusahaan membutuhkan desain yang ramping dan tampak profesional.

Sehingga akhirnya, keputusan bisnis yang kamu ambil dapat lebih rasional dan terukur. Namun, kamu perlu merancang promosi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pelanggan di tengah situasi saat ini. Tentu kamu tetap perlu menjaga komunikasi dengan pelanggan, melalui kanal media sosial atau mengirimkan surat elektronik, tapi pilihlah bahasa yang penuh empati. Susunlah komunikasi sedemikian rupa, sehingga pelanggan menangkap pesan bahwa “bisnismu hadir untuk memudahkan mereka”. Munculnya wabah COVID-19 mau tak mau mengubah pola interaksi suatu usaha dengan pelanggan.

Apik